Tegangan Permukaan

zat cair memiliki tegangan permukaan buktinya jika kita melihat air yang di simpan pada sebuah buret maka pada kaca buret akan terlihat dua garis yaitu garis maniskus atas dan maniskus bawah. bukti lain dapat terlihat jika kita menyimpan sebuah kertas kering di atas permukaan air maka sebelum kertas itu basah kertas itu akan mengapung di atas permukaan air.
sudah kita ketahui partikel zat cair tidak memiliki kerenggangan partikel yang berlebih namun tidak pula memiliki kepadatan partikel yang berlebih pula. itu memungkinkan partikel bergerak bebas saling beradu dan mendorong partikel lain.
partikel yang berada di antara partikel lain mendapat dorongan dari segala arah di sekitar partikel tersebut sehingga partikel tersebut dapat bergerak kesegalah arah dan mendorong partikel lain untuk bergerak.
namun tidak sama halnya dengan partikel yang ada di bagian paling atas. partikel tersebut mendapat dorongan dari bawah dan samping, namun ketika mendapat dorongan dari bawah partikel itu tidak dapat melanjutkan dorongan ke atas melainkan melontarkan dorongannya ke samping. itu yang menyebabkan cairan memiliki tegangan permukaan.
cairan memiliki dua buah garis maniskus  di sebabkan oleh karena cairan memiliki tekanan kuat dari atas namun karena partikel yang menempel di permukaan kaca tidak mendapat tekanan kuat maka ketinggian permukaan akan terlihat berbeda.

Penulis : hantaru ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Tegangan Permukaan ini dipublish oleh hantaru pada hari Selasa, 05 Juni 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Tegangan Permukaan
 

0 komentar:

Posting Komentar